LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI Ke PT. Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS)

   

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
SMK NEGERI 1 SUMEDANG
Ke PT. Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) atau Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK)

                     KOMPETENSI TEKNIK KOMPUTER                                                                                          

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        


                                               
                
                    
DISUSUN OLEH
SEPTIAN CAHYA
NIS : 14.15.540


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SUMEDANG
Jl. Mayor Abdurahman No. 209 Sumedang
2014

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT. Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) atau Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK)

Sumedang,
Penyusun


                                                               Septian Cahya
NIS : 14.15.540

Mengetahui,
Kepala Kompetensi Keahlian                                                   Wali Kelas
Teknik Komputer


Deni Susanto, S.Kom                                                                 Diki Gusrianto, S.Kom
NIP. 197412072009021001                                                     NIP

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                          Koordinator  Kunjungan
                                                                                                     Industri                                         



Dra. Lolly R. Roliawati                                                              Oo Suherman, M.M.Pd.
NIP. 196002131986032003                                                    NIP. 197010072006041007



SISTEMATIKA
Laporan Kunjungan Industri
Kaper
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
BAB I.    PENDAHULUAN
               A. Latar Belakang Kunjungan Industri
               B. Tujuan Kunjungan Industri
               C. Manfaat Kunjungan Industri
                   1. Bagi Sekolah
                   2. Bagi Siswa
                   3. Bagi Industri
                D. Waktu, Lokasi, Sasaran dan Bentuk Kegiatan
BAB II.    HASIL KUNJUNGAN
                A. Profil Perusahaan
                B. Bidang Garapan Perusahaan
                C. Kompetensi Harus Dimiliki Oleh Calon Karyawan
                D. Sistem Rekruitment Tenaga Kerja
                 E. Jalainan Kemitraan Dengan Sekolah
BAB III.    PENUTUP
                 A. Simpulan
                 B. Saran
                     1. Untuk Sekolah
                     2. Untuk Industri







KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hiadayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di Kompetensi Keahlian Komputer ke PT. Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) atau Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK) dapat terlaksana sesuai dengan target tujuan dengan baik tanpa ada kendala yang berarti.
Tujuan penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini adalah untuk dokumentasi kegiatan kunjungan industri sehingga jelas terdata sesuai dengan manejemen sistem mutu. Penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini seluruh data diperoleh pada saat melakukan Kunjungan Industri dari buku-buku relevan dengan materi yang diperlukan. Bimbingan Bapak/Ibu Wali Kelas, Kakomli, Kabeng, mencari dari internet, dan hasil wawancara dengan pihak yang berwenang pada saat di industri.
Dengan telah diselenggarakanya kunjungan industri ke berbagai industri sesuai dengan kompetensi keahliannya masing-masing dan telah selesainya pembuatan laporan ini saya, ucapkan terimakasih kepada:
1. Dra. Lolly R. Roliawati M.M.Pd, selaku kepala sekolah yang telah memberikan arahan dan kebijakan tentang kunjungan yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Sumedang.
2. Kedua orang tua, yang telah memberikan doa, biaya, serta motivasi yang beliau berika kepada saya.
3. Pimpinan perusahaan dan staff Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) atau Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informatika dan Komunikasi (BPRTIK)  yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berkunjung.
4. Oo Suherman M.M.Pd, selaku Wakil kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat yang telah mengatur dari awal sampai akhir kegiatan kunjungan industri.
5. Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Wakil Manajemen Mutu yang telah memberikan dorongan dan arahan untuk kelancaran kegiatan kunjungan industri.
6. Deni Susanto, S.Kom selaku Kepala Kompetensi Keahlian Komputer yang telah memberikan pengarahan secara teknis tentang kunjunga industri.
7. Sanjaya S.Pd. selaku Kepala Bengkel (Laboratorium) Kompetensi Keahlian Komputer yang telah memberikan arahan baik secara teknis dilapangan maupun yang lainnya.
8. Diki Gusrianto, S.Kom selaku Wali Kelas yang telah memberikan bimbingan mulai dari keberangkatan sampai pembuatan laporan.
9. Seluruh Bapa/Ibu Guru yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dan yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan kunjungan industri ini.
10. Teman-teman angkatan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang telah saling bantu dalam kegiatan kunjungan industri.

Semoga amal kebaikan beliau dibalas oleh Allah SWT, setimpal dengan yang mereka berikan kepada saya dan teman-teman, sehingga kegiatan kunjungan industri dapat berjalan dengan lancar sesuai denagn target tujuan yang diinginkan.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini, masih perlu perbaikan sehingga kritik dan saran sangat kami harapkan untuk perbaikan sehingga adik angkatan dapat membuat laporan yang akan datang dapat lebih baik.

   Sumedang, 31 Desember 2014       



Penyusun










BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kunjungan Industri
1. Pendidikan pada dasarnya merupakan tanggung jawab bersama antara orangtua, masyarakat, dan pemerintah (Undang-Undang Sistem Pendiddikan Nasional tahun 2003)
2. Pengadaan dan Pendayagunaan sumber daya pendidikan dilakukan oleh pemerintah, masyarakat dan keluarga (Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003)
3. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U/1999 tentang program pendidikan dan kerja lapangan.
4. Peraturan pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
5. Permendiknas RI No. 23 Tahun 2006 tentang standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
6. Penyelenggaran sekolah menengah dapat bekerjasama dengan masyarakat, dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan.
7. Kerjasama SMK dengan dunia usaha terutama untuk bertujuan meningkatkan penyesuaian SMK dengan kebutuhan dunia yang diutamakan asas saling menguntungkan.
8. SMK sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU Sisdiknas, merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama bekerja dalam bidang tertentu.
9. Ketercapaian SMK antara lain ditentukan oleh sejauh mana terjadinya sinkronisasi antara apa yang dibutuhkan oleh industri atau dunia usaha dan lapangan pekerja.
10. Jalinan kejasama yang sudah terjalin antara SMK Negeri 1 dengan pihak pemakai lulusan SMK.
Sebagai kekuatan hukum secra yuridis formal, dan untuk meningkatkan kepercayaan dunia usaha dan dunia industri, maka perlu adanya perjanjian kerjasama yang terlebih dahulu dilakukan antara industri yang mungkin diwakili oleh pihak asosiasi industri atau lembaga profesi dengan lembaga pemerintah yang lebih tinggi, yaitu Dinas Pendidikan di masing-masing wilayah setingkat provinsi yang diterjemahkan sebagai MoU induk atau payung hukum yang lebih besar, dan pada setiap  unit kerjasama, akan dilanjutkan dengan MoU ditingkat sekolah kejuruan (SMK) dengan masing-masing industri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

B. Tujuan Kunjungan Industri
1. Menambah pengetahuan yang bersifat teoritis maupun praktik tentang proses produksi di industri sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
2. Menjembatani antara teori dan praktik yang diterima oleh peserta didik dalam pembelajaran di sekolah dengan kenyataan yang ada di Dunia Usaha dan Dunia Industri.
3. Menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik maupun guru tentang proses dan sistem kerja yang terjadi di Dunia Usaha dan Dunia Industri.
4. Menambah motivasi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran karena sudah mengetahuai tentang kompetensi yang harus dimiliki sesuai dengan kebutuhan industri.
5. Peserta didik dapat mengetahui tentang bagaimana proses rekruitmen sebagai calon pekerja di perusahaan secara langsung.
6. Peseta didik dapat mengetahui tentang kompetensi yang harus dimiliki untuk dapat bekerja di perusahaan.
7. Peserta didik dapat memahami secara langsung tentang proses bekerja di perusahaan sehingga dapat mempersiapkan diri supaya mampu memenuhi tantang sesuai kebutuhan industri.
8. Peserta didik dapat mengetahui tentang proses produksi perusahaan secara langsung.
9. Perusahaan dan SMK Negeri 1 Sumedang dapat menjalin kerjasama tentang berbagi hal dengan syarat saling menguntungkan.




C. Manfaat Kunjungan Industri
A. Manfaat bagi siswa
a. Menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman.
b. Mengetahui sistem kerja di industri.
c. Mengetahui implementasi pengetahuan keterampilan di dunia kerja.
B. Manfaat bagi sekolah
a. Terjalin hubungan yang lebih erat antara SMK Negeri 1 Sumedang dengan industri.
b. Memudahkan akses lulusan SMK Negeri 1 Sumedang untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang bersangkutan.
C. Manfaat bagi perusahaan/industri
a. Memudahkan perusahaan/industri untuk mencari tenaga kerja karena sudah mengetahui tentang karakter peserta didik dan peserta didik sudah mengetahui tentang keberadaan industri melalui program kunjungan industri.
b. Dapat mengembangkan CSR.

D. Waktu, Lokasi, Sasaran, Bentuk Kegiatan dan Peserta
1. Waktu Kegiatan
Kunjungan industri akan dilaksanakan pada tanggal 17 s.d. 18 Desember 2014
2. Lokasi
Industri yang dituju sesuai dengan kompetensi keahlian komputer adalah PT. Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) atau Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK) yang beralamat di Jl. Kertamukti No. 10 Ciputat, Tangerang Selatan (Depan Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
3. Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan atau devisi yang akan dikunjungi dalam kegiatan kunjungan industri bidang produksi (manufacture) dan perakitan (asembling)
4. Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan selama kunjungan industri adalah :
a. Peninjauan proses ke lapangan atau ke proses produksi.
b. Tanya jawab antara siswa/guru pembimbing dengan pihak industri seputar proses produksi dan pola rekruitment karyawan untuk masa yang akan datang.

5. Peserta Kegiatan
Peserta kunjungan industri tahun pelajaran 2014/2015 terdiri dari:
a. Peserta Didik
Teknik Gambar Bangunan                            =   97 Orang
Teknik Audio dan Video                                =   64 Orang
Teknik Instalasi Tenaga Listrik                     =   73 Orang
Teknik Komputer                                          = 108 Orang
Teknik Kendaraan Ringan                             =   98 Orang
Teknik Pemesinan                                         = 101 Orang
Seni Karawitan                                              =     9 Orang
Jumlah                                                          = 550 Orang
b. Pimpinan, Staf Pimpinan dan Guru Pembimbing
               Jumlah                                                          =   45 Orang


BAB II
HASIL KUNJUNGAN

A. Profil Perusahaan
Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK) atau lebih dikenal Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) adalah sebuah balai pelatihan yang beralamat di Jl. Kertamukti No. 10 Ciputat, Tangerang Selatan (Depan Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Balai ini berada dibawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (MENKOMINFO). BPRTIK didirikan tahun 2009 dan baru diresmikan pada akhir tahun 2010.
BPRTIK atau lebih umumnya dikenal dengan nama PUSTIKNAS ini memeliki tugas pokok sebagai balai pelatihan, penelitian, penemuan, pengembangan sebuah teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu PUSTIKNAS ini juga memiliki fungsi sebagi riset penelitian dan pembuatan sebuah aplikasi serta lembaga yang memperkenalkan serta mempromosikan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dalam presentasi, 20 persen untuk pelatihan masyarakat umum sedangkan 80 persen nya pelatihan dikhususkan untuk CPNS. Gedung PUSTIKNAS ini juga dapat menampung siswa SMK yang melakukan Kunjungan Industri ataupun PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) melalui beberapa syarat yang harus dipenuhi.
Gedung PUSTIKNAS terdiri atas gedung utama dan asrama. Gedung utama memiliki fungsi sebagai training center, data center, dan service center. Di gedung utama memiliki berbagai macam fasilitas, diantaranya ; 10 Laboraturium dengan jumlah ratusan komputer, Auditorium, Digital & Broadcasting Studio, Research & Development (R&D), Seminar Room, E-Learning, Vidio Conference. Sedangkan gedung asrama berfungsi sebagai penginapan peserta dengan daya tampung 180 orang. Fasilitas yang ada seperti ruang belajar, ruang makan, dan juga ruang fitness.





B. Bidang Garapan Perushaan
Dalam perusahaan PUSTIKNAS ini terdapat sejumlah program pelatihan unggulan. Diantaranya adalah :
a.                  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI)
b.                  Etika Profesi di Bidang TIK
c.                   E-government
d.                  Office Automatization
e.                  Programming/Software Engineering
f.                    Server network and Admin
g.                  Networking
h.                  Data Base
i.                    Apalikasi
j.                    Multimedia
k.                   Desain Grafis
l.                    Web Programming
m.                Geographic Information System
n.                  Manajemen Proyek
o.                  Open Source
p.                  Keamanan Informasi
q.                  Pengoperasian Studio
r.                   Animasi
s.                   Mobile Application
t.                    Esensi Komputer/Computer Technical Support
Selain itu PUSTIKNAS ini juga memiliki berbagai macam fasilitas yakni, 10 Laboraturium dengan jumlah ratusan komputer, Auditorium, Digital & Broadcasting Studio, Research & Development (R&D), Seminar Room, E-Learning, Vidio Conference, dan Lecture rooms.
10 Laboratorium itu diantaranya :
1.      Windows Based
2.      Linux Based
3.      Application
4.      Programming & Data Base
5.      Multimedia 1 : Video & Animation
6.      Multimedia 2 : Design Graphic
7.      Geographic Information System
8.      Networking
9.      Sun Solaris Based
10.  Computer Essential
Sedangkan fasilitas yang ada dalam ruang Research & Development yakni :
a. R & D1 Network and Telecomunication
b. R & D2 Software
c. R & D3 Content

C. Kompetensi yang Harus Dimiliki Oleh Calon Karyawan
Kompetensi yang harus dimiliki oleh calon karyawan, setidaknya mampu menguasai salah satu bidang garapan yang ada di PUSTIKNAS. Contohnya menguasai keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), maka calon karyawan akan ditempatkan di bidang Programming/Software Engineering. Apabila calon karyawan menguasai lebih dari satu keahlian, tentu saja itu menjadi nilai tambah dan mempermudah dalam proses pelamaran kerja. Kompetensi yang dimiliki oleh calon karyawan sangat penting, itu akan berpengaruh dalam kemajuan dan perkembangan perusahaan.    Selain itu, karena PUSTIKNAS juga sebagai balai pelatihan, maka calon karyawan harus memiliki Publics Speaking atau kemampuan berbicara didepan umum yang sangat baik. Hal itu agar penyampaian materi pelatihan dapat tersampaikan dengan baik dan dapat dimengerti serta dipahami oleh para peserta pelatihan. Tidak hanya keahlian, calon karyawan pun dituntut untuk berkelakuan/berakhlak baik, berbadan sehat baik jasmani maupun rohani dan bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya.

D. Sistem Rekruitment Tenaga Kerja
Sistem rekruitment tenaga kerja/karyawan yang bekerja di PUSTIKNAS melalui Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) karena PUSTIKNAS berada dibawah naungan badan pemerintahan yaitu MENKOMINFO (Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), dimana calon karyawan tersebut harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut :
Syarat-syarat umum :
1. Warga Negara Republik Indonesia.
2. Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Bersedia tidak melakukan korupsi dengan menandatangani pakta integritas.
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, calon Anggota/Anggota TNI/POLRI.
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
6. Tidak pernah diberhentikan sebagai pegawai negeri atau pegawai swasta.
7. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri atau pegawai swasta.
8. Tidak pernah dihukum penjara berdasrkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.
9. Bersedia ditempatkan di seluruh Unit Kerja di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
10. Berkelakuan baik, berbadan sehat baik jasmani maupun rohani dan bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya.
Syarat-syarat Khusus:
1. Usia:
a. S1/D-IV dan S2 : paling tinggi 35 tahun
b. D-III : paling tinggi 30 tahun
2. Berijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang telah ditetapkan.
3. Terakreditasi A dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Kemendikbud
4. Dari lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450.
5. Pelamar merupakan lulusan :
a. Diploma III (D.III) dengan IPK minimal 2,75
b. Sarjana (S.1) atau Diploma IV (D.IV) dengan IPK minimal 2,75
c. Master/Magister (S.2) dengan IPK minimal 3,25



E. Jalinan Kemitraan Dengan Sekolah
Jalinan atau hubungan kemitraan antara sekolah dengan industri/perusahaan merupakan sebuah usaha yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan daya serap kerja lulusannya. Kemitraan yang dimaksud adalah bahwa industri dan sekolah masing-masing saling menguntungkan. Kualitas lulusan yang tinggi akan menjadi acuan sekolah agar hubungan dengan industri semakin baik. Tentu itu untuk menghindari lulusannya menjadi pengangguran. Jalinan dengan perusahaan (PUSTIKNAS) sudah dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sumedang, melalui kunjungan industri untuk tingkat X. Tujuannya agar menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik maupun guru tentang proses dan sistem kerja yang terjadi di Dunia Usaha dan Dunia Industri, Peserta didik dapat memahami secara langsung tentang proses bekerja di perusahaan sehingga dapat mempersiapkan diri supaya mampu memenuhi tantang sesuai kebutuhan industri, dll. Selain kunjungan industri, SMK N 1 pun meningkatkan hubungan dengan melaksanakan PRAKERIN di tingkat XI mendatang. Jalinan atau hubungan dengan industri yang dilakukan oleh SMK N 1 agar diperluas lagi, sehinnga daya serap kerja lulusannya lebih tinggi.


BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) atau BPRTIK adalah sebuah balai pelatihan yang beralamat di Jl. Kertamukti No. 10 Ciputat, Tangerang Selatan (Depan Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)T. Balai ini berada dibawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (MENKOMINFO). Gedung PUSTIKNAS terdiri atas gedung utama dan asrama. Gedung utama memiliki fungsi sebagai training center, data center, dan service center. Sedangkan gedung asrama berfungsi sebagai penginapan peserta. PUSTIKNAS ini juga memiliki berbagai macam fasilitas yakni, 10 Laboraturium dengan jumlah ratusan komputer, Auditorium, Digital & Broadcasting Studio, Research & Development (R&D), Seminar Room, E-Learning, Vidio Conference, dan Lecture rooms. Kompetensi yang harus dimiliki oleh calon karyawan, setidaknya mampu menguasai salah satu bidang garapan yang ada di PUSTIKNAS. Sistem rekruitment tenaga kerja/karyawan yang bekerja di PUSTIKNAS melalui Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) karena PUSTIKNAS berada dibawah naungan badan pemerintahan yaitu MENKOMINFO. Jalinan atau hubungan kemitraan antara sekolah dengan industri/perusahaan merupakan sebuah usaha yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan daya serap kerja lulusannya. Kemitraan yang dimaksud adalah bahwa industri dan sekolah masing-masing saling menguntungkan.   


B. Saran
1. Untuk Sekolah
a.  Mengawasi peserta didiknya secara maksimal agar dapat menjaga citra baik sekolah.
b.  Mengunjungi industri yang bisa menyerap lulusan SMK.
c.  Bila cukup waktu, sebaiknya mengunjungi lebih dari satu industri.
2. Untuk Industri
a.  Memberikan gambaran bagaimana proses/sistem kerja.
b. Ada baiknya pemberian materi diganti dengan pemberian hal-hal tentang perusahaan.
c.  Menjelaskan mengenai kompetensi yang harus dimilki oleh calon karyawan.
d.  Memperkuat jalinan kemitraan dengan SMK Negeri 1 Sumedang.













Related Posts

3 komentar