Teknologi Modern Di Masa Lalu

Sumber : On The Spot
       

          Di zaman modern ini, kita sering menikmati kecanggihan teknologi yang tersedia. Anda sedang membaca blog ini pun sudah termasuk menikmati kecanggihan teknologi zaman sekarang. Namun tanpa kita sadari, bahwa kecanggihan teknolgi sudah ada sejak zaman dahulu. Teknologi tersebut diciptakan manusia di zaman peradaban kuno yang menjadi cikal bakal kecanggihan teknologi saat ini. Langsung saja, seperti apakah kecanggihan teknologi zaman dahulu.

1. Kartu Kredit





 





Atau yang biasa disebut dengan Credit Card merupakan alat pembayaran yang sudah banyak sekali digunakan. Namun siapa sangka alat ini sudah ada pada zaman pertengahan silam, para arkeolog dari Jerman menemukan sebuah tongkat hitungan kuno. Tongkat ini digunakan sebagai alat pelacak hutang. Hutang tersebut di pahat ke tongkat yang dibagi dua, untuk Peminjam dan yang meminjami. Dua bagian ini dimasukan secara bersama sama pada saat pembayaran untuk dibandingkan. Jika kedua sisi sama atau cocok, maka hutang dinyatakan lunas.

2. Baterai








Pada tahun 1930 silam, seorang arkeolog menemukan sebuah artefak yang diduga baterai kimia di pemakaman kuno. Artefak berbahan tanah liat ini terdiri dari silinder tembaga, aspal, dan batang besi. Benda ini terbukti sebagai baterai setelah para ilmuwan memasukan cairan asam. Hasilnya benda ini menghasilkan listrik sebesar 1,5 voltmeter dan dapat bekerja selama 18 hari tanpa henti.

3. Teleskop



 






Teleskop yang diciptakan sendiri oleh Galileo pada tahun 1609, sebuah alat yang dapat memperbesar benda hingga 33 kali. Ternyata sudah ada pada beribu tahun sebelumnya. Para arkeolog melaporkan tentang penemuan benda yang menyerupai lensa pembesar. Lensar pembesar yang diduga teleskop ini digunakan oleh bangsa Asteria dan Viking. Teleskop kuno ini digunakan untuk melihat penampakan bintang di langit. Keberadaan teleskop ini diperkuat dengan adanya ukiran di batu yang melukiskan seorang manusia sedang meneropong ke langit.

4. Mesin Hitung

Teknologi modern diduga telah berhasil ditemukan sekitar 2000 tahun lalu. Seorang penyelam asal Yunani menemukan sebuah logam yang membatu di dalam kapal yang karam di sebuah pulau yang berada di Yunani. 50 tahun kemudian, ilmuwan menelitinya dengan menggunakan sinar x (X-Ray), hasil sinar x menunjukan bahwa pada alat tersebut terdapat sebuah alat mekanik. Didalamnya terdapat roda roda gigi yang slaing terkait satu sama lain. Mekanisme benda ini diduga adalah alat hitung yang digunakan untuk mengukur pergerakan bintang dan planet. Peneliti lain menyebutkan bahwa alat ini digunakan sebagi kalender pada zaman purba. Sebagian lain menyebutkan, sistem kerja benda ini hampir sama dengan jam tangan saat ini. Alat ini sangat membingungkan para ilmuwan, karena bagaimana mungkin bangsa yunani pada saat itu mampu menciptakan alat mekanik yang sangat rumit.


5. Reaktor Nuklir


Sebuah perusahaan di Perancis yang akan mengimpor biji mentah uranium, dikejutkan dengan sebuah penemuan. Uranium yang akan di impor ini ternyata sudah pernah diolah dan dimanfaatkan sebelumya. Adanya penemuan ini, para ilmuwan melakukan penelitian. Hasilnya menunjukan adanya sebuah reaktor nuklir yang berskala besar pada masa prasejarah. Reaktor ini terdiri dari 500 biji uranium yang tersebar di 6 wilayah. Diduga reaktor ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 100.000 watt. Teknik penataaan tambang reaktor nuklir ini jauh lebih hebat dengan tambang nuklir saat ini. manusaia jaman prasejarah sudah tahu bagaimana cara memanfaatkan limbah nuklir.

Related Posts