Negara Termiskin Di Dunia

           Postingan kali ini, kita akan membahas negara mana saja yang termasuk kedalam Negara Termiskin Di Dunia. Yaapp, MISKINN. Mungkin salah satu kata yang dibenci banyak orang. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kemiskinan. Ekonomi pastinya di  urutan pertama. Selain itu faktor SDM, politik, wilayah, dan mungkin sejarahnya (bisa jadi), dan masih banyak lagi.

1. Republik Demokratik Kongo (PDB Per Kapita: $ 394,25)

Perang bersaudara berlangsung berkepanjangan di Kongo sejak 1998 yang menghancurkan serta menyeret seluruh wilayah tersebut dan negara-negara di sekitarnya. Aksi kekerasan tersebut telah menghancurkan infrastruktur dan perekonomian negara tersebut hingga akhirnya PBB mengambil alih permaslahan di negara itu dan memaksa Presiden Joseph Kabila menyelanggarakan Pemilihan Umum pada 30 Juli 2006.

2. Zimbabwe (PDB Per Kapita: $ 589,46)

Perekonomian Zimbabwe terus mengalami kemorosotan selama beberapa waktu ini. Inflasi negeri ini terus meningkat hingga 2,2 juta persen, yang menjadi inflasi tetinggi di dunia.Akibat inflasi yang tinggi, bank sentral Zimbabwe sudah mengeluarkan uang 4 versi mata uang sampai sekarang. Terakhir kali bank sentral Zimbabwe mengeluarkan pecahan $ 100.000.000.000.000 (100 triliun dolar) yang menjadi uang dengan nominal terbesar di dunia yang kemudian digantikan dengan dolar versi ke-4 dimana setiap $ 100.000.000.000.000 (100 triliun dolar) uang lama digantikan menjadi $1 uang baru. Dengan ekonomi yang terus memburuk sekarang bank sentral Zimbabwe memutuskan untuk membolehkan rakyatnya menggunakan mata uang dolar Amerika sebagai mata uang mereka untuk menstabilkan kembali ekonomi Zimbabwe.

3. Burundi (PDB Per Kapita: $ 648,58)

Tanpa batas laut, menghadapi tekanan penduduk dan memiliki sumber daya alam yang sedikit, Burundi merupakan salah satu negara termiskin dan mempunyai paling banyak konflik di Afrika dan di dunia. Ukurannya yang kecil menutupi maslah besar yang dihadapinya dalam mencari penyelesaian klai supremasi dari minoritas Tutsi yang berkuasa dengan permintaan partisipasi politik dari suku mayoritas Hutu.

4. Liberia (PDB Per Kapita: $ 716,04)

Baru-baru ini Liberia dilanda dua perang saudara (1989-1996 dan 1999-2003) yang mengakibatkan ratusan ribu penduduknya mengungsi sekaligus menghancurkan perekonomian Liberia. Sekarang Liberia sedang memulihkan diri dari efek tersisa dari perang saudara dan dislokasi ekonomi terkait, dengan sekitar 85% dari penduduk hidup dibawah $ 1 per hari.

5. Eritrea (PDB Per Kapita: $ 792,13)

Eritrea adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur laut Afrika. Eritrea berbatasan dengan Sudan di sebelah barat, Ethiopia di selatan, dan Djibouth di tenggara. Laut Merah di sebelah timur Eritrea memisahkan negara itu dengan kawasan Timur Tengah. Bagian timur dan timur laut negara ini mempunyai garis pinngir laut yang panjang yang menghadap Laut Merah, betul-betul berhadapan dengan Arab Saudi dan Yaman. Kepulauan Dahlak dan banyak pulau di Kepulauan Hanish merupakan sebagian Eritrea. Kondisi ekonomi Eritrea saat ini tidak membaik dan pertumbuhan penduduk domestik bruto riil rata-rata 1,2 persen antara tahun 2005 dan 2008, pada tahun 2009 pertumbuhan PDB diperkirakan 2,0 persen.

Dilihat dan dibaca diatas, hampir semua negara yang miskin berada di benua Afrika. Seharusnya, kita sebagai warga negara Indonesia banyak-banyak bersyukur karena Negara Indonesia yang juga memiliki masalah perekonomian dan juga politik tidak termasuk kedalam Negara Termiskin. 

Related Posts

1 komentar

October 5, 2015 at 3:54 AM This comment has been removed by a blog administrator.
avatar