Ringkasan dan Isi Soal Bab Terbentuknya NKRI



1.       Setelah proklamasi kemerdekaan, langkah pertama bangsa Indonesia adalah melengkapi struktur pemerintahan. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan tersebut!
2.       Pada masa awal kemerdekaan, sistem kabinet apa yang berlaku di Indonesia ? Jelaskan alasan kamu!
3.       Pada masa awal kemerdekaan Indonesia belum memiliki anggota legislatif yang dipilih oleh rakyat. Siapa yang melakukan kegiatan legislatif pada masa awla kemerdekaan ? Jelaskan peranannya !

Jawaban

1.       Langkah pertama yang dilakukan oleh Indonesia adalah mengesahkan UUD (Undang-Undang Dasar) yang dilakukan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Kemudian pemilihan  Presiden dan Wakil Presiden. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta resmi dipilih menjadi Presiden dan W. Presiden oleh PPKI. Langkah selanjutnya yaitu pembentukan departemen dan pemerintahn daerah.  Dimana wilayah NKRI dibagi menjadi 8 provinsi (Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sumatera). Serta, NKRI terbagi atas 12 departemen. Secara bertahap indonesia melengkapi struktur pemerintahan diantaranya : Pembentukan Badan Negara, Pembentukan Kabinet, Partai Politik dan terakhir dibentuknya TNI (tentara Nasional Indonesia).
2.       Kabinet yang berlaku pada awal kemerdekaan dalah kabinet presidensial. Dimana, dalam kabinet ini para menteri bertanggung jawab langsung kepada Presiden (Ir. Soekarno). Kabinet dibentuk tanggal 2 September 1945 oleh Presiden Soekarno yang terdiri dari 16 menteri.
3.       Yang melakukan kegiatan legislatif pada awal kemerdekan adalah KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat). Awalnya KNIP berperan sebagai pembantu Presiden dan merupakan wadah pemusatan  kehendak rakyat serta pengobar semangat  perebutan kekuasaan dari Jepang. Setelah dikeluarkan maklumat pemberian kekuasaan oleh Presiden. KNIP berperan sebagai MPR dan DPR yang diketuai oleh Sutan Syahrir. KNIP dibantu oleh BPKNIP (Badan Pekerja KNIP) yang tugasnya untuk menghadapi suasan genting dan mengerjakan tugas-tugas operasional dari KNIP.

Related Posts