Program Aplikasi IF..THEN

         
       Selamat jam segini pemirsa, posting yang kedua di Sub VB Tutor ini saya akan coba berbagi cara membuat Program Aplikasi dengan Struktur If Then. Gambaran aplikasinya yaitu, ketika kita memasukan password (kata kunci) yang benar maka akan ada gambar yang muncul dan apabila kita memasukan password yang salah, maka akan ada pemberitahuan bahwa kata kunci yang dimasukkan salah. Kita langsung saja, jangan terlalu banyak basa-basi.
Langkah Pertama : Niat dan Basmallah
2. Tentu yang harus dilakukan adalah membuka software Visual Basic-Nya. Setelah di buka, akan ada pilihan new project, kita pilih Standard EXE.



3. Nah, ini dia project design-nya. Disini kita bisa mendesai form dengan sesuka hati. Pemirsa bisa ubah ukurannya sesuai keinginan. Kita tambahkan Label, klik icon  pada toolbox. Kita ubah caption-nya = Password. Selain itu edit backstyle dan hurufnya (font) di Properties. Hingga menjadi seperti ini.


 


4. Selanjutnya, kita tambahkan TextBox. Klik icon  pada toolbox. Simpan di samping label yang sudah kita buat. Di properties pada property Text kita kosongkan. Dan di bagian PasswordChar isi dengan simbol, bisa *, #, ! atau apapun yang diinginkan pemirsa. Saya contohkan dengan simbol *.
 




5. . Tambahkan CommandButton. Klik icon     pada toolbox. Penempatan bisa sesuai kreatifitas pemirsa. Di properties kita ganti caption-nya dengan OK.


6. Langkah desain terakhir, masukkan gambar. Ini yang akan menjadi tanda apabila Passwoord benar. Setting propertiesnya bisa di lihat pada gambar berikut.
 


7. Di langkah pengkodean program, double klik pada CommandButton dan tuliskan kode yang ada pada gambar dibawah ini. Seperti biasanya, yang dilingkari merah bisa diganti oleh pemirsa sesuka hati. Kata android dibawah adalah Password yang akan membuat gambar muncul.



8. Apabila dijalankan (Tekan F5),m maka akan muncul form seperti berikut
                           Sebelum dimasukkan Password         Setelah dimasukkan Password


Dan apabila password tidak sesuai, maka akan muncul


Yaaa,. Itu dia Program Aplikasi IF THEN nya, pemirsa bisa mendesain lebih bagus lagi dengan mengutak-atik di bagian properties. Pemirsa pun dapat membuatnya dalam bentuk format .EXE dengan cara klik File > Make Project .exe.
Terimakasih, wassalam.



Related Posts