Pengenalan, Membuat Form Sederhana

          Selamat jam segini pemirsa, di posting pertama ini di Sub VB (Visual Basic) Tutorial saya akan coba menjelaskan tentang pembuatan form sederhana. Meskipun saya belum mahir dalam menggunakan VB namun tidak ada salahnya untuk berbagi ilmu. Karena salah satu tanda-tanda kiamat yaitu ilmu yang langka sehingga kebodohan menjadi merajalela. Sayangkan, apabila kebodohan merajalela di Indonesia khususnya dan dunia umumnya. Okeh, kita ke intinya saja tentang pembuatan form sederhana dengan ditambahkan massagebox (MsgBox). Langkah-Langkah :

1. Tentu yang harus pertama kita lakukan adalah membuka software Visual Basic-Nya. Setelah di buka, akan ada pilihan new project, kita pilih Standard EXE.

           

2. Nah, ini dia project design-nya. Disini kita bisa mendesai form dengan sesuka hati. Pemirsa bisa ubah ukurannya sesuai keinginan. Rencananya kita akan membuat form yang akan menampilkan sepasang kekasih :D :* Kita tambahkan Label, klik icon 
  pada toolbox. Kita ubah captionnya, posisinya (alignment), backstyle dan hurufnya (font) di Properties. Hingga menjadi seperti ini


3. Kita tambahkan lagi 2 Label, yang pertama kita beri caption “Nama Anda :” dan yang kedua “Nama Pacar :”. Edit properties lainnya sesuka hati.



4. Selanjutnya, kita tambahkan 2 textbox. Klik icon pada toolbox. Simpan di samping kedua label yang sudah kita buat. Di properties pada property Text bisa kita kosongkan ataupun bisa diisi apa saja. Agar mudah dalam pengkodean, kita ubah saja name nya. Saya contohkan textbox pertama dengan nama “tbnama” (tanpa tanda petik). Dan yang kedua dengan nama “tbpacar”.


5. Tambahkan 2 CommandButton. Klik icon  pada toolbox. Penempatan bisa sesuai kreatifitas pemirsa. Di properties kita ganti caption dengan “LIHAT” dan “KELUAR”. Serta kita ganti name-nya seperti pada langkah no. 4.


6. Ini dia langkah yang paling penting, yaitu pengkodean program. Double klik pada CommandButton “LIHAT” dan tuliskan program seperti ini.


Text yang di lingkari merah sesuai apa yang pemirsa namai (name) pada textbox di properties. Jika textbox dinamai textnama, maka tulis di program textnama.Text.
Sengaja kode programnya saya buat dalam bentuk gambar, supaya pemirsa tidak copas dan akan terbiasa untuk menulis program.
Kemudian, Double klik pada CommandButton “KELUAR” dan tuliskan program seperti ini.


7. Setelah selesai menulis program, kita coba jalankannya. Dengan cara klik play di bagian form editor. Atau bisa secara cepat dengan klik F5. Jika langkah-langkah dan penulisan program pemirsa sesuai dengan yang diatas, maka ketika kita klik tombol (CommandButton) “LIHAT” akan menghasilkan.


Dan apabila pemirsa klik tombol “KELUAR” akan menghasilkan

Yaaa,. Itu dia form sederhana nya, pemirsa bisa mendesain lebih bagus lagi dengan mengutak-atik di bagian properties. Pemirsa pun dapat membuatnya dalam bentuk format .EXE dengan cara klik File > Make Project .exe.
Terimakasih, wassalam.



Related Posts