Ringkasan Bab Islam Masuk Istana Raja


 



S O A L
1.  Apa latar belakang dibangunnya kerajaan Samudra Pasai ?
2. Jelaskan sebab kemunduran kerajaan Samudra Pasai !
3. Jelaskan beberapa peninggalan kebesaran Islam di Aceh !
4. Jelaskan Peran dari Sultan Iskandar Muda terhadap kebesaran Kerajaan Aceh !
5. Mengapa keberadaan Portugis di Malaka menjadi konflik yang berpengaruh terhadap kerajaan Samudra Pasai dan kerajaaan Aceh ?




B A H A S A N

1. Kerajaan ini didirikan oleh seorang yang bernama Meurah Silu (S. Malik Al-Saleh). Daerah kerajaan Samudra Pasai terletak di kawasan pesisir timur Aceh atau sekarang daerah Lhoksmawe. Pada tahun 1345 seorang pengembara dari Maroko, Abu Abdullah pernah menuliskan tentang keadaaan daerah yang ia kunjungi, bahwa adanya sebuah negeri yang bernama samatrah (Samudra). Sedangkan dari pengembara Marcopollo ia pernah mencatat beberapa kerajaan di pantai timur Sumatra seperti Ferlac (Perlak), Basma dan Samatra (Samudra).

2. Munculnya pusat politik dan perdagangan baru di abad 15 adalah faktor penyebab keruntuhan kerajaan Samudra Pasai. Penyebab yang lain, terjadinya beberapa pertikaian di Pasai yang mengakibatkan perang saudara. Namun Samudra Pasai sendiri akhirnya runtuh sesudah ditaklukkan oleh portugis tahun 1521 yang sebelumnya telah menaklukkan Malaka tahun 1511 dan kemudian tahun 1524 wilayah Pasai sudah menjadi bagian kedaulatan kesultanan Aceh.

3.        a. Benteng Pertahanan
b. Masjid Raya Aceh (Baiturrahman)
c. Batu nisan makam Sultan Malik as-Saleh
d. Batu nisan makam berangka di Munje Tujoh, Aceh Utara.
e. Peninggalan berupa hikayat (Hikayat RaJA-Raja Pasai)
f. Penemuan mata uang

4.        a. Menyusun dan menetapkan berbagai konsep qanun (UU dan peraturan)
b. Menyatukan seluruh wilayah semenanjung tanah melayu dibawah kebesaran kerajaan Aceh Darussalam.
c. Menjalin hubungan diplomasi perdagangan dengan berbagai bangsa asing sehingga Aceh dikenal
d. Membawa Aceh menjadi salah satu pusat ilmu pengetahuan dan tamaddun di Asia Tenggara dengan cara menetapkan para ulama dan kaum cerdik pandai pada posisi yang paling mulia.
e. Membawa Aceh ke atas puncak kejayaannya hingga mencapai peringkat ke 5 diantara kerajaan terbesar didunia.

5. Selat Malaka yang merupakan jalur perniagaan yang ramai dan menjadi jalur penting kerajaan Samudra Pasai berhasil dikuasai Portugis. Portugis melancarkan suatu serangan hebat ke atas kota Malaka, Portugis tidak senang berhubungan dengan pedagang Islam. Angkatan perang Johor sempat melawan, namun semua perlawanan itu mengalami kegagalan. Meskipun Portugis dan Johor sering melakukan pertikaian, namun mereka keduanya berbaikan. Itu kelihaian Portugis mempengaruhi Johor untuk menghadapi kerajaan Baru yaitu Aceh.





Related Posts

1 komentar