Ringkasan Bab Pertama Semester 2 Kelas X

Peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa Hindu Budha. Kekuatan besar nusantara yang memiliki kekuatan integrasi secara politik selalu dihubungkan dengan keberadaan kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Kekuatan integrasi secra politik disina maksudnya adalah kemampuan kerajaan-kerajaan tersebut dalam menguasai wilayah yang luas di Nusantara dibawah kontrol politikdalam pengawasan dari kerajaan-kerajaan tersebut. Dengan demikian, penintegrasiaan antar pulau secara lambat laun akan mulai terbentuk.
Komoditas yang menarik bagi kaum pedagan yang ada di indonesia dalam perdagangan internasional ialah rempah-rempah seprti kayu manis, cengkeh, dan pala. Sedangkan pada masa kini, komoditas yang menarik bagi kaum pedagan dari luar negeri untuk mendatangi pelabuhan di indonesia ialah komoditas kelapa sawit dan kakao.
Peran laut pada saat ini bagi indonesia, diantaranya :
1. Sebagai sumber pangan
Berupa protein hewani dalam bentuk ikan dan hasil laut lainnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, indonesia pun mendapat keuntungan dari ekspor hasil laut ke beberapa negara.
2. Sarana Transportasi
Jalur laut merupakan jalur yang berperan besar dalam proses pengiriman barang hasil bumi ke berbagai pulau. Selain itu jalur laut lah yang menjadi gerbang keluar masuknya kapal luar negeri yang melakukan proses ekspor impor.
3. Pariwisata
Panorama laut indonesia begitu mempesona. Tak heran apabila banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi indonesia hanya untuk menikmati keundahan laut atau oantai indonesia. Hal itu tentu menambah pundi-pundi devisa negara.
4. Pertambangan
Hasil tambang yang sangat potensial yaitu minyak bimi dan gas bumi yang banyak diekspor ke mancanegara.
                Alasan/pengaruh budaya India mudah diterima atau masuk ke Indonesia karena kebudayaan India masuk melalui proses pengolahan dan penyesuaian dengan kondisi masyarakat Indonesia tanpa menghilangkan unsur asli. Pengaruh india bersifat melengkapi. Perpaduan kebudayaan menghasilkan akulturasi yang terpelihara sampai sekarang.



Related Posts