Ringkasan Bab Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Asal usul nenek moyang bangsa indonesia menurut ras dan asal mula keberadaannya
a. Ras Proto Melayu
Nenek moyang orang Melayu Polinesia tersebar dari Madagaskar sampai pulau paling timur pasifik. Diperkirakan dari Cina bagian selatan, mereka mula-mula menempati pantai Sumatera Utara, Kalimantan Barat dan Sulawesi Barat. Ketika datang ras Deutro Melayu mereka berpindah ke hutan, sehingga mendesak keberadaan penduduk asli.
b. Ras Deutro Melayu
Merupakan ras yang datang dari Indochina dengan membawa kebudayaan Dongson. Mereka mempunyai peradaban pelayaran laut yang maju, tal heran bisa masuk ke Indonesia. Mereka berpindah-pindah untuk mencari hunian yang layak. Akhirnya Proto & Deutro berbaur.
c. Melanesoid
Mereka letak awalnya di sebelah timur Irian & Australia. Mereka datang ke Papua berawal saat zaman es (70.000 SM). Peradaban melanesoid disebut dengan Paleotikum.
d. Negrito & Weddid
Mereka merupakan sebutan orang spanyol yang asalnya dari daerah afrika.

Ras yang pernah hidup dalam budaya Mesolithikum di kepulauan Indonesia ialah Ras Proto Melayu.
Beberapa daerah yang menjadi tempat Ras Proto Melayu di Indonesia diantaranya ;
1. Sumatera Utara (Batak)
2.KalimantanBarat(Dayak)
3. Sulawesi Barat (Toraja)
Perbedaan antara ras Proto Melayu dan Deutro Melayu yang menempati kepulauan Indonesia selain terletak di ciri-ciri tubuh mereka, perbedaan juga terletak di tempat hunian atau tinggal mereka di Indonesia. Kebanyakan ras Proto Melayu tersebar di daerah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi sedangkan Deutro Melayu di Jawa, Nusa Tenggara, dan Papua.



Related Posts