Ringkasan Bab Menelusuri Peradaban Awal di Indonesia (Zaman Pra-aksara)


Istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan karena dilihat dari arti. Pra artinya sebelum dan sejarah artinya peristiwwa/kejadian sehingga prasejarah berarti sebelum ada peristiwa ataupun aktivitas manusia. Dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulisan, manusia sudah memiliki sejarah atau kejeadian. Oleh karena itu pra-aksara lebih tepat. Pra artinya sebelum dan aksara artinya tulisan. Dengan demikian pra-aksara atinya sebelum ada tulisan
Secara metodologi kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan dengan beberapa ilmu.
1. Paleontropologi, ilmu yang mempelajari bentuk bentuk manusia
2. Paleontologi, ilmu yang mempelajari fosil
3. Geologi, ilmu yang mempelajari lapisan tanah
Indonesia mengakhiri zaman pra-aksara sekitar abad ke 5 Masehi. Hal ini diuhubungkan dengan temuan prasasti peninggalan kerajaan tua seperti kerajaan kutai.
Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman pra-aksara
1. semakin sadar kita tentang asal-usul manusia di masa lampau. Hendaknya kita ingat tentang tugas    & tanggungjawab sebagai penerus.
2. manfaat secara hiburan & rekreatif.
3. manfaat nilai sosial.
4. menyadarkan kita akan warisan budaya lisan seperti ; foxlor, legenda dan mitos.
5. Sebagai inspirasi untuk kita, yang mana pendahulu kita bisa hidup dengan segala kesulitan. Beda dengan kehidupan kita sekarang yang segala mudah dan canggih.

6. pentingnya menjaga lingkungan untuk anak cucu kita di masa yang akan datang. Sebagaimana yang dilakukan nenek moyang kita yang mewariskannya untuk kita.

Related Posts