Bahaya ! Terlalu Sering Memakai Headset





Apa itu Headset dan apa kegunaanya tentu kita sudah mengetahuinya. Headset adalah satu set headphone, biasanya dilengkapi dengan mikrofon yang terpasang, digunakan di telepon dan komunikasi radio. Sekarang remaja menggunakannya untuk mendengarkan sesuatu yang disukainya seperti musik. Sehingga, beberapa remaja cenderung pasif atau tidak peduli dengan apa pun di sekitar mereka. Mereka tampak ketergantungan pada hal yang membuat mereka merasa nyaman, dan membuat mereka lupa dengan apa pun di sekitar mereka. Headset akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi orang-orang terutama remaja yang ingin bersantai.

Awalnya, alasan remaja menggunakan headset adalah mereka tidak memiliki aktivitas yang harus dilakukan dan kemudian itu menjadi sebuah kebiasaan. Dan beberapa remaja menggunakan headset hanya ingin menghindari kerumunan atau kebisingan tertentu yang membuat mereka terganggu dan ingin mendengarkan apapun yang disukainya seperti musik yang dapat membuat ketenangan.

Sebenarnya, headset juga memiliki dampak positif seperti dapat membantu kita untuk mendengarkan sesuatu dengan jelas, atau membuat kita merasa nyaman saat kita mendengarkan lagu atau apa yang kita sukai. Headset akan bahaya jika kita menggunakannya terlalu sering atau sudah menjadi kebiasaan. Banyak dampak negatif yang yang ditimbulkan akibat menggunkan headset terlalu sering, seperti :
1.         Kerusakan permanen pada telinga,
2.         Gangguan pendengaran,
3.         Kerusakan pada otak dan lain-lain. 

Untuk kerusakan permanen pada telinga, terjadi ketika telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari headset yang terhubung langsung ke lubang telinga, itu terjadi pada mereka yang masih muda atau remaja, apalagi anak-anak. Efek dari penggunaan berlebihan ini tidak akan langsung terasa. Akan muncul secara bertahap, biasanya efeknya akan mulai terasa ketika berusia 20 tahun. Pada usia itu, pengguna akan mulai kehilangan pendengarannya. Dan tentang kerusakan pada otak yang disebabkan oleh headset adalah ketika kita menggunakan headset untuk mendengarkan apa-apa dengan volume tinggi, yang dapat memberikan efek listrik ke otak.

Untuk menghindari kerusakan pendengaran dan masalah kesehatan lainnya, ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan, sebagai berikut :

1.         Gunakan pemutar musik yang memiliki kontrol volume.

2.         Mengurangi volume, Volume tidak boleh lebih dari 80 db atau atur volume pada 50-60% dari total volume.
3.         Kurangi waktu mendengarkan dengan headset. Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui headset, terutama terus menerus. Istirahat sekitar ½ -1 jam, karena jika organ dalam koklea merasa lelah, pendengaran bisa rusak secara permanen.
4.         Jangan menggunakan pemutar musik di dalam pesawat terbang atau di tempat yang ramai, karena dalam situasi seperti itu kita cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.
Sebenarnya headset dapat membantu kegiatan Anda, dapat membuat hari Anda lebih nyaman asalkan Anda menggunakan headset dengan benar. Tetapi jika Anda menggunakannya terlalu sering, sangat bahaya bagi Anda. Sehingga, gunakan dengan bijak jika Anda tidak ingin terkena dampak negatif dari headset di usia muda.

Sumber : Colasula.com



Related Posts